Berbeda dengan Piala Dunia 2014, Sampaoli Berharap Messi Fit di Piala Dunia 2018

Berbeda dengan Piala Dunia 2014, Sampaoli Berharap Messi Fit di Piala Dunia 2018

Pelatih tim nasional Argentina, Jorge Sampaoli mengharapkan salah satu pemain andalannya, Lionel Messi bisa tampil dalam kondisi terbaik di Piala Dunia 2018. Dalam hitungan bulan event akbar empat tahunan itu akan dihelat di Rusia. Menurut mantan pelatih Chile itu, Messi bakal memenuhi ekpektasinya untuk tampil dalam kondisi fit di Rusia nanti.

Sampaoli yang juga pernah melatih klub La Liga Spanyol, Sevilla mengaku ia telah berbicara dengan bintang Barcelona itu. Menurutnya Messi sedang dalam tren positif untuk berangkat ke Rusia. Ia lebih bugar kali ini tidak seperti saat membela Argentina di Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Kami telah berbicara dengan Leo tentang apa yang terjadi dan bahwa dia tidak dalam situasi yang sama seperti empat tahun lalu ketika dia merasa kelelahan di Piala Dunia (di Brasil),” beber Sampaoli.

Lebih lanjut Sampaoli mengatakan ia telah meminta Messi untuk memanfaatkan waktu sisa sebelum putaran final untuk mendapatkan energi sebanyak-banyaknya. Ia harap pemain berjuluk La Pulga atau Si Kutu itu bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup sehingga bisa tampil dalam level kebugaran yang tinggi.

Untuk itu Sampaoli akan terus memantau perkembangan Messi dan memastikan sang pemain “memanfaatkan sebaik-baiknya masa istirahatnya untuk tiba (di Rusia) dalam puncak kebugaran fisik dan mentalnya.”

Sebagaimana diketahui Messi telah memberikan kontribusi bagi timnya sejak babak kualifikasi Piala Dunia zona CONMEBOL atau Amerika Selatan. Messi mencetak gol-gol penting termasuk memborong tiga gol ke gawang Ekuador di laga pamungkas sekaligus memastikan kelolosan La Albiceleste ke Rusia.

Sementara itu di Piala Dunia lalu, performa Messi memang kurang memikat. Namun pemain tersebut berkontribusi dengan empat gol selama putaran final hingga mengantar Argentina ke babak final. Sayang di partai puncak Messi gagal mencetak gol sehingga pertandingan itu berakhir dengan kemenangan Jerman satu gol tanpa balas sekaligus memastikan trofi Piala Dunia 2014 diboyong ke Eropa.

Saat itu menurut Sampaoli, Messi mengalami kelelahan sehingga gagal bermain maksimal di partai puncak. Di Piala Dunia 2018 nanti Argentina berada satu grup dengan Kroasia, Nigeria dan Islandia. Persaingan di Grup D ini jelas akan menguras tenaga para pemain Argentina.

Sampaoli pun berharap para pemain Argentina bisa mempersiapkan diri dengan baik. Ia mengimpikan para pemain Tim Tango berada dalam level yang hampir sama dengan Messi sebagaimana dikatakan di babak kualifikasi Piala Dunia beberapa waktu lalu.

“Di tiga pertandingan terakhir, Messi luar biasa. Dia penuh komitmen dan memberi tekanan hebat pada lawan. Andai saja Argentina berada di level Messi, pertandingan nanti akan berjalan mulus,” pungkas Sampaoli.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *