Diimbangi Tunisia, Pelatih Spanyol: Ini Tak Ubahnya Piala Dunia

Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui memberikan apresiasi kepada Tunisia yang mampu memberikan perlawanan berarti saat kedua tim menggelar uji coba di Stadion Krasnador, Sabtu (09/06/2018) atau Minggu dini hari WIB. La Furia Roja hanya mampu mencatatkan kemenangan satu gol tanpa balas. Gol tunggal kemenangan Tim Matador dicetak oleh Iago Aspas di menit ke-84.

Menurut Lopetegui pertandingan tersebut benar-benar sulit tak ubahnya Piala Dunia. Meski kurang diunggulkan Tunisia mampu memberikan perlawanan berarti yang membuat timnya kerepotan, termasuk dalam mencetak gol.

“Ini benar-benar pertandingan sangat sulit. Pada babak pertama kami tidak mendapatkan irama seperti yang kami inginkan dan selalu kehilangan bola. Ini tak ubahnya pertandingan Piala Dunia,” beber Lopetegui.

Meski hanya mampu meraih kemenangan tipis, Lopetegui tetap menilai positif. Baginya hasil tersebut menggambarkan perkembangan timnya. Pasalnya tim yang dikalahkan sebelumnya mampu menahan imbang Portugal.

“Kami berkembang melawan tim yang berhasil menahan imbang Portugal. Bagian baiknya adalah pertandingan berjalan dengan cepat sehingga memaksa kami untuk memberikan permainan untuk Tunisia,” sambungnya.

Selain meraih kemenangan, Lopetegui juga bersyukur para pemain mampu menjalankan pertandingan dengan baik. Apalagi tidak ada pemain yang mengalami cedera di pertandingan tersebut, mengingat kick off Piala Dunia 2018 tinggal dalam hitungan hari saja.

“Paling penting adalah tidak ada pemain cedera. Sekarang, kami memiliki hal positif untuk menghadapi Portugal pada pertandingan perdana babak penyisihan Grup,” pungkasnya.

Iago Aspas yang menjadi pahlawan kemenangan Tim Matador di pertandingan ini membeberkan sejumlah pekerjaan rumah yang harus segera dibenahi. Menurutnya timnya harus mematangkan umpan-umpan agar lebih terukur.

“Saya pikir kami punya sensasi yang lebih hebat sebelum dimulainya pelatihan dibandingkan pada dua laga uji coba terakhir. Saya pikir umpan-umpan kami kurang bagus, tetapi kemenangan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri tim. Kami sangat ingin memulai dengan hal yang bagus,” beber Aspas.

 Selanjutnya ia memberikan kepercayaan kepada Lopetegui untuk menentukan formasi di Piala Dunia 2018. Ia tak berkomentar panjang saat ditanya terkait kemungkinan menjadi starter di putaran final nanti. Bila mendapat kepercayaan, pemain depan Celta Vigo ini akan memberikan yang terbaik.

“Satu atau dua penyerang? Itu terserah pelatih. Saya hanya ingin memberikan yang terbaik pada setiap kesempatan yang saya dapatkan,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui Spanyol tergabung di Grup B Piala Dunia 2018 bersama Portugal, Maroko, dan Iran. Lawan terberat tentu saja Portugal yang berstatus juara Eropa dan diperkuat pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Namun dua negara lainnya tidak bisa dianggap remeh karena mereka berpeluang menjadi kuda hitam.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *