Guardiola Komentari Kabar Kepergian Iniesta dari Barcelona

Guardiola Komentari Kabar Kepergian Iniesta dari Barcelona

Pep Guardiola mengomentari kabar kepergian Andres Iniesta dari Barcelona. Gelandang asal Spanyol itu disebut-sebut akan meninggalkan klub berjuluk Blaugrana itu pada akhir musim. Iniesta akan memutuskan nasibnya setelah membela Barcelona menghadapi Sevilla di partai final Copa del Rey dini hari nanti.

Guardiola yang pernah bersama Iniesta di Barcelona sebelum hijrah ke Jerman bersama Bayern Muenchen mengatakan dirinya belum mendapatkan kepastian terkait keputusan Iniesta. Ia memilih untuk menunggu kepastian sebelum memberikan komentar lebih lanjut. Namun Guardiola berharap sang pemain bisa mengambil keputusan terbaik.

“Saya tidak tahu apakah kabar Iniesta berhenti itu benar atau tidak, lebih baik menunggu kepastian. Tentu saja saya berharap yang terbaik. Saya senang kami pernah bermain bersama kemudian saya menjadi manajernya,” ungkap Guardiola.

Iniesta dikabarkan akan meninggalkan Barcelona untuk melanjutkan kariernya di Asia di Liga Super China. Menurut Guardiola sulit mendapatkan pemain seperti Iniesta. Iniesta yang kini telah berusia 33 tahun itu merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada.

“Anda tidak bisa membayangkan apa saja peninggalannya untuk Barca dan sepakbola Spanyol dalam 15 tahun ini. Dia seorang maestro, pemain top!,” lanjutnya.

Menurut Guardiola lagi, Iniesta adalah sosok yang mampu memahami sepak bola secara utuh. Sulit bahkan hampir mustahil mendapatkan penerus sekaliber Iniesta.  “Iniesta adalah salah satu pemain yang memahami sepakbola secara menyeluruh, sangat sulit mencari tandingannya,” sambungnya.

Hal lain yang patut dicontoh dari Iniesta adalah keterbukaan untuk berbagi dengan para pemain muda. Menurut Guardiola, Iniesta tidak segan membagi kemampuan dan teknik kepada para pemain muda seperti cara bermain dan menguasai bola.

“Iniesta senang memberi masukan cara bermain, cara menguasai bola pada youngster. Dia adalah contoh terbaik yang bisa Anda suguhkan,” pungkasnya.

Setelah mengakhiri kariernya di Bundesliga Jerman, Guardiola hijrah ke Liga Primer Inggris bersama Manchester City. Sempat mendapat kesulitan dia awal musim kini pelatih asal Spanyol itu mulai menunjukkan tangan dinginnya. Musim ini ia mampu mempersembahkan gelar Liga Primer Inggris bagi klub yang bermarkas di Stadion Etihad itu. Selain itu ia mampu mengantar Manchester Biru ke babak perempat final Liga Champions Eropa sebelum disingkirkan Liverpool.

Sementara itu Iniesta pun sedang berjuang mempersembahkan dua gelar bagi Barcelona musim ini. Setelah gagal di Liga Champions Eropa, setelah kalah dramatis dari AS Roma di delapan besar, Barcelona berpeluang meraih gelar La Liga dan Copa del Rey. Di pentas La Liga, Barcelona kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan 12 poin dari Atletico Madrid dan 15 poin dari juara bertahan, Real Madrid. Sementara di pentas Copa del Rey, Barcelona akan memainkan laga pamungkas menghadapi Sevilla di partai pamungkas.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *