Kiper Ini Dinilai Layak Gantikan Neuer di Piala Dunia 2018

Kiper Ini Dinilai Layak Gantikan Neuer di Piala Dunia 2018

Saat ini Manuel Neuer sedang berjuang untuk mendapatkan kembali kondisi prima. Kiper tim nasional Jerman itu sedang menjalani pemulihan usai mengalami cedera retak metatarsal. Kiper Bayern Muenchen itu mengalami cedera sejak September 2017 lalu dan memaksanya absen hingga hari ini.

Sepanjang musim ini Neuer baru tampil empat kali di semua kompetisi. Kiper berusia 31 tahun itu pun melewatkan sejumlah pertandingan penting baik di level klub maupun bersama tim nasional. Neuer pun dikhawatirkan bakal absen di Piala Dunia 2018 bila gagal pulih tepat waktu.

Bila Neuer absen, Jerman masih memiliki banyak kiper pelapis dengan kualitas mumpuni. Sebagaimana dikatakan mantan kiper timnas Jerman dan Bayern Muenchen, Sepp Maier, salah satu kandidat yang pas gantikan Neuer adalah Sven Ulreich.

Sejauh ini Ulreich belum memiliki jam terbang di level tim nasional. Kiper berusia 29 tahun itu belum merasakan pengalaman membela Der Panzer. Namun demikian Maier menilai, senioritas dan pengalaman Ulreich sudah lebih dari cukup untuk berseragam tim nasional, termasuk tampil di event akbar empat tahunan yang akan dihelat di Rusia pada Juni hingga Juli 2018 ini.

“Dia tahu cara menggalang pertahanan bersama [Mats] Hummels, [Jerome] Boateng, [Joshua] Kimmich dan [Nicklas] Sule dengan sempurna dari waktunya di klub. Ulreich akan menjadi sebuah solusi yang bagus,” tegas Maier.

Selain Ulreich, Jerman masih memiliki sejumlah kiper kawakan. Ulreich harus bersaing dengan Marc-Andre ter Stegen yang menjadi pilihan utama di Barcelona. Selain itu masih ada nama Bernd Leno, kiper berusia 25 tahun yang memperkuat klub Bundesliga Jerman, Bayer Leverkusen. Tak kalah mentereng adalah Kevin Trapp, penjaga gawang utama klub kaya di Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Keputusan akhirnya akan berada di tangan pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew. Loew akan memutuskan bagaimana nasib Neuer dan para kiper lainnya. Apakah Neuer akan tetap diboyong ke Rusia atau ada dua tempat baru di bawah mistar gawang Jerman.

Sebagaimana diketahui Jerman menghuni grup F di putaran final Piala Dunia 2018. Mereka berada satu grup dengan Meksiko, Korea Selatan dan Swedia. Meksiko dan Korea Selatan adalah langganan Piala Dunia dari Amerika Utara dan Asia. Sementara Swedia sempat mengejutkan dengan menyingkirkan juara dunia empat kali, Italia di babak play-off zona Eropa.

Jerman akan mengawali kiprahnya untuk mempertahankan gelar dengan menghadapi Meksiko pada 17 Juni 2018 di Moskwa Luzhniki. Enam hari kemudian, Manuel Neuer dan kawan-kawan akan menghadapi  Swedia di Sochi sebelum menghadapi Korea Selatan pada 27 Juni 2018 di Kazan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *