Meski Belum Pulih, Neuer Tetap Ingin Perkuat Jerman di Piala Dunia 2018

Meski Belum Pulih, Neuer Tetap Ingin Perkuat Jerman di Piala Dunia 2018

Manuel Neuer tetap optimis bisa memperkuat tim nasional Jerman di Piala Dunia 2018. Saat ini kondisi penjaga gawang Bayern Muenchen itu belum pulih sepenuhnya. Namun Nuer tetap ingin tampil di event akbar empat tahunan yang akan bergulir dalam hitungan bulan di Rusia.

“Turnamen itu sangat penting bagi saya. Saya pikir, Jerman membutuhkan saya, dan saya juga ingin menjadi bagian dari Timnas Jerman,” ungkap Neuer.

Kiper berusia 32 tahun itu masih menjalani masa pemulihan dari cedera patah tulang kaki yang dialami pada September tahun lalu. Di level klub ia sudah tidak berlaga nyaris separuh musim, bahkan sudah dipastikan akan absen bersama Die Roten hingga akhir musim. Namun demikian tim medis terus berupaya agar pemulihannya tuntas tepat waktu, setidaknya sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Meski begitu Neuer tetap yakin dirinya masih punya kesempatan untuk merumput bersama FC Hollywood untuk beberapa pertandingan terakhir. Saat ini Muenchen sudah memastikan gelar juara Bundesliga musim ini. Penampilannya bersama Muenchen menjadi persiapan untuk memperkuat Der Panzer di Rusia nanti.

“Saya masih memiliki tujuan untuk bisa bermain bersama Bayern pada akhir musim ini, dan selanjutnya, tentu saja tujuan utama saya adalah untuk bermain bersama Timnas Jerman pada musim panas nanti,” lanjutnya.

Terkait kondisinya saat ini, Neur menyebutnya positif. Kondisinya kian membaik meski masih butuh waktu untuk bugar seperti semula. Bila ditaksir, pemulihannya kini sudah berada di angka 80 persen. Seiring berjalannya waktu ia bisa kembali fit sebelum Piala Dunia 2018.

“Untuk sekarang, saya tidak bisa katakan seberapa lama proses itu akan berlangsung. Kini saya berada di sekitar 80 persen dari berat badan ideal saya dengan kecepatan lima kilometer per jam di atas treadmill. Dan, angka itu terus meningkat sepanjang waktu,” pungkasnya.

Meski kondisi Neuer belum pulih sepenuhnya, Jerman sepertinya tidak perlu risau. Pasalnya negara tersebut memiliki banyak stok kiper dengan kualitas mumpuni. Selain Neuer, Jerman memiliki kiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

Tidak hanya itu masih ada sekitar delapan penjaga gawang lagi yang bisa menjadi pilihan bagi pelatih timnas Jerman, Joachim Loew. Mereka adalah Bernd Leno yang merupakan kiper utama klub Bundesliga, Bayer Leverkusen; Sven Ulreich yang mengisi tempat Neuer di Bayern Munchen saat ini, serta Timo Horn, kiper muda yang bermain cukup baik bersama Koeln. Di samping itu masih ada Oliver Baumann yang memperkuat Hoffenheim, Ralf Faehrmann yang berseragam Schalke, Loris Karius yang menjadi tumpuan Liverpool musim ini, Ron-Robert Zieler yang berseragam Stuttgart serta Kevin Trapp yang bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG).

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *