Tampil di Piala Dunia 2018, Manajer Inggris Minta Anak Asuh Tiru Pele dan Banks

Tampil di Piala Dunia 2018, Manajer Inggris Minta Anak Asuh Tiru Pele dan Banks

Tim nasional Inggris pernah memiliki sejarah indah di Piala Dunia. Salah satu momen tak terlupakan adalah Piala Dunia 1970 saat The Three Lions beradu dengan Brasil di putaran final. Saat itu Brasil diperkuat sang pemain terbaik, Pele. Sementara Inggris memiliki Gordon Banks yang berada di bawah mistar gawang.

Banks bermain cemerlang dengan menggagalkan sejumlah peluang yang diukir Pele. Meski pada akhirnya gelar juara jatuh ke tangan Brasil, setidaknya Inggris telah memberikan perlawanan maksimal. Hal inilah yang diminta Gareth Southgate dari anak asuhnya yang akan tampil di Piala Dunia 2018.

“Pada era pemain generasi saya, kami tidak menonton pertandingan sepak bola Spanyol atau sepak bola Italia seperti yang dilakukan generasi modern. Jadi, bagaimana kami belajar tentang permainan? Kami menyaksikan rekaman-rekaman sepak bola lama di video,” ungkap Southgate.

Lebih lanjut pelatih berusia 47 tahun itu mengatakan bahwa performa Pele dan Banks saat itu benar-benar menghibur. Ia berharap keduanya menjadi inspirasi bagi para pemain masa kini terutama skuad Inggris yang bakal didominasi para pemain muda.

“Melihat penampilannya (Pele dan Gordon Banks), menyaksikan dampak yang diperbuatnya pada dunia adalah menakjubkan. Anda bisa melihat ia menikmati permainan dan kehebatannya dalam pertandingan,” sambungnya.

Southgate yang pernah bermain untuk Aston Villa mengaku popularitas Pele membuatnya menjadi orang yang dikenal di seluruh dunia. Ia ingin sepak terjang anak asuhnya bisa meninggalkan kenangan manis.

“Anda bisa bepergian kemanapun di dunia ini dan semuanya tahu apa yang sudah dilakukannya. Tentu saja, saya sangat bangga bisa memimpin tim negaraku di Piala Dunia. Anda punya kesempatan untuk bermain buat tim nasional anda dan membuat momen bersejarah yang akan selalu dikenang,” sambung Southgate.

Banks sendiri mengaku bahwa ia masih teringat dengan momen bersejarak bertahun-tahun silam itu. ia masih selalu membuka kembali rekaman tersebut yang menampilkan salah satu momen penyelamatan gemilang yang ia lakukan.

“Ketika saya bertemu dengannya (Pele) di London, ia bilang: ‘Gordon, saya pergi ke segala penjuru dunia dan orang-orang bicara tentang gol yang saya cetak. Tapi, ketika saya datang ke Inggris, mereka semua bicara tentang tindakan penyelamatanmu’,” ungkap Banks.

Meski gagal membawa trofi Piala Dunia ke Inggris, Banks lebih dulu membuat sejarah dengan membawa Tim Tiga Singa memenangi Piala Dunia 1966. Itulah gelar pertama sekaligus satu-satunya yang bisa diraih Inggris.

Harapan kini diletakan kepada generasi baru timnas Inggris di Rusia sejak 14 Juni hingga 15 Juli nanti. Inggris tergabung di Grup D bersama Tunisia, Panama dan Belgia. Pertandingan pertama akan mempertemukan Inggris dan Tunisia.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *